5 Peringatan Hari Ibu Di Dunia

Ibu adalah orang yang paling berjasa terhadap kita. Bagaimana tidak, dari kecil beliaulah yang merawat dan membesarkan kita. Andaikan setiap hari dijadikan hari ibu, itu masih belum cukup untuk membalas jasa ibu kita. Kita harus bersyukur karena jasa beliaulah kita menjadi diri kita yang sekarang.
Hari ibu dirayakan berbeda di seluruh dunia. Tradisi dan hari perayaannyapun berbeda pada setiap negara. Berikut rangkuman 5 perayaan hari ibu di beberapa negara di dunia.
1. Perayaan Hari Ibu di Indonesia
Perayaan hari ibu di Indonesia jatuh pada tanggal 22 Desember.
Hari ibu pertama kali dilaksanakan pada tahun 1953, setelah terbitnya dekrit Presiden no. 316 Tahun 1953 oleh Presiden Soekarno. Perayaan hari ibu tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan. Selain itu perayaan hari ibu juga dimaksudkan untuk mengenang pahlawan-pahlawan perempuan seperti R.A. Kartini maupin pahlawan-pahlawan lainnya.
2. Perayaan Hari Ibu di Amerika
Sejarah hari ibu di Amerika dirayakan untuk mengenang Anna Jarvis, yang kemudian di sahkan oleh presiden Woadrow Wilson dan dirayakan setiap minggu kedua bulan mei. Perayaan hari ibu di Amerika dirayakan besar-besaran dengan bunga dan kartu ucapan. Biasanya pada hari ibu, para ibu di larang untuk memasak selama sehari.
3. Perayaan Hari Ibu di Inggris
Perayaan hari ibu di inggris biasanya dilaksanakan tiga minggu sebelum hari paskah. Pada hari itu anak anak akan menulis kartu ucapan dan memberikan bunga pada ibu mereka sebagai tanda cinta mereka. Anak-anak akan pergi ke gereja terdekat dari kelahiran ibunya, bukan dari rumah mereka. Pada hari itu toko-toko berlomba memberikan diskon khusus untuk perlengkapan hari ibu.
4. Perayaan Hari Ibu di India
Perayaan hari ibu di India belum disahkan secara Nasional. Namun di beberapa daerah di utara perayaan hari ibu dirayakan pada minggubkedua bulan mei. Ada juga yang merayakan hari ibu pada tanggal 22 Desember. Pada hari ibu, seorang ibu akan benar-benar dimanjakan oleh anaknya. Semua pekerjaan akan diambil alihboleh anaknya yang sudah menginjak dewasa.
5. Perayaan Hari Ibu di Australia
Perayaan hari ibu di Australia biasanya berlangsung sangat meriah. Hari ibu di negara ini dirayakan setiap minggu kedua bulan mei. Seorang anak akan memberikan ucapan dan karangan bunga kepada ibunya. Mereka juga memberikan kartu ucapannya kepada nenek, tante, atau perempuan lain yang menjaganya sewaktu kecil. Pada hari itu selain memberi kado, seorang anak akan membuatkan kue dan sarapan pagi untuk ibu mereka.

1 komentar: