Masjid Ini Selamat Dari Terjangan Tsunami Aceh 2004

Indonesia berduka, ya itulah kata yang tepat untuk menggambarkan 26 Desember 2004. Sebuah Gempa besar menghantam Aceh dan menimbulkan Tsunami yang dahsyat. Air bah menyapu pesisir aceh dan menghancurkan apa saja yang dilaluinya. Ribuan jiwa melayang, anak kecil kehilangan ibunya, seorang nenek kehilangan anaknya. Aceh berduka, Indonesia sungkawa.
Dari bencana yang terjadi terdapat sebuah fenomena yang sangat luar biasa. Disaat bangunan-bangunan hancur tak tersisa dilahap tsunami ada  masjid yang berdiri kokoh dari hantaman tsunami.
Fenomena itu sangat mengundang keheranan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan alasan masjid tersebut selamat karena masjid tersebut sering digunakan untuk ibadah. Pendapat lain juga menyatakn bahwa masjid tersebut selamat karena konstruksi bangunannya. Terlepas dari pendapat rersebut, berikut masjid-masjid yang selamat dari terjangan tsunami Aceh 2004.
1. Masjid di Kuede Teunom
Wilayah Kuede Teunom terletak di 68 mil dari Banda Aceh. Pada saat tsunami menerjang hanya beberapa bangunan saja yanh tersisa, salah satunya adalah masjid yang ada di Kuede Teunom. Meski terjadi sedikit kerusakan, namun masjid ini masih berdiri kokoh doantara bangunan-bangunan yang hancur disapu ombak tsunami.
2. Masjid Baittrurrahim, ulee lheue
Masjid adalah masjid peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17. Masjid yang terletak di Kecamatan Meureksa, Banda Aceh ini pada saat tsunami tahun 2004 menerjang merupakan satu-satunya bangunan yang masih berdiri. Banginan lain disekitarnya tersapu ombak yang naik menerjang daratan.
3. Masjid Rahmatullah Lumpu'uk
Madjid ini hanya berjarak 500 meter dari pesisir pantai. Dengan jarak sedekat itu masjid ini masih kokoh beediri meski diterjang tsunami (2004). Masjid ini kemudian direnovasi dan mendapatkan suntikan dana dari bulan sabit merah untuk biaya renovasi.
4. Masjid Al Ikhlas Lhoknga
Masjid ini dijadikan tempat berlindung pada saat terjadinya musibah tsunami Aceh 2004. Ada saksi mata yang mengatakan bahwa pada musibah terjadi air yang menyerang daratan terbelah ketika akan menyentuh masjid ini.
5. Masjid Baitturrahman
Masjid ini tetap berdiri kokoh meski tsunami menerjang. Bahkan ketika air surut, madkid ini dijadikan tempat untuk meletakkan robuan mayat
Berikut tadi daftar masjid yang selamat dari terjangan tsunami Aceh 2004. Semoga bermanfaat...
Gambar masjid di Kuede Teunom
Masjid Baitturrahim ulee lheue
Masjid Rahmatullah Lumpu'uk
masjid Al Ikhlas Lhoknga
masjid Baitturrahman

4 komentar:

  1. subhanallah luar biasa ! keren gan artikelnya :)

    BalasHapus
  2. Subhanallah... Allah maha kuasa atas segala sesuatu...

    BalasHapus
  3. Allah akan melakukan apapun untuk menunjukkan kekuasaannya ,bahwa senantiasa Hanya ada satu tuhan yaitu ALLAH :)

    nice post gan. .

    rizaleinstein.blogspot.com

    BalasHapus