5 Sejarah Tradisi Natal

Suasana natal mulai terasa. Mungkin di kota andapun suasana kemeriahan natal juga mulai anda rasakan. Lagu natal, pohon natal, pernak-pernik warna merah hijau, acara tv pun mulai banyak berhubungan dengan kemeriahan natal.
Namun, pernahkah anda berfikir tentang sejarah tradisi-tradisi natal tersebut? Mengapa dirayakan tanggal 25 Desember? Siapa Santa Claus? Agar tidak penasaran inilah ulasan 5 sejarah tradisi natal yang selama ini dirayakan.
1. Tanggal 25 Desember= Kelahiran Kristus?
Kita ketahui tanggal 25 Desember merupakan tanggal kelahiran Kristus. Tapi tahukah anda, menurut sejarah belum bisa dipastikan tanggal tersebut merupakannkelahiran kristus. Perayaan natal setiap tanggal 25 Desember merupakan tradisi di Roma sejak abad kedua.
2. Pohon Natal
Pada abad ketujuh Saint Boniface menebang pohon yang oleh masyarakat dikeramatkan sebagai pohon dewa langi dan petir. Saint Boniface memberi petuah kepada masyarakat bahwa dewa dewi hanyalah mitos.
Pada abad 15 orang orang baru menggunakan dan mendekorasi pohon sebagai hiasan dengan berbagai macam pernik. Ada yang menghias dengan replika buah apel sebagai lambang kesuburan. Ada pula yang menghias dengan lonceng kecil sebagai simbol suka cita akan datangnya Kristus.
3. Lagu Natal
Lagu natal pertama kali dinyanyikan di Roma pada abad keempat. Mulai dari sanalah tradisi membuat dan menyanyikan lagu natal mulai berkembang. Pada abad ketigabelas tradisi lagu natal benar benar berkembang. Prancis, italia, dan Jerman adalah pelopor lagu natal di abad ke-13 dan hingga saat ini lagu natal berkembang pesat dan hampir setiap Negara mempunyai lagu natal sendiri sendiri.
4. Santa Claus
Apakah Santa Claus hanyalah dongeng? Meaki banyak yang beranggapan demikian namun anghapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pada abad ke-3 seorang pria berjenggot putih mengelilingi desa Pantara di turki untuk membagikan kado kepada orang miskin. Pria tersebut adalah Saint Nicholas atau sering dikenal dengan Saint Nick. Kemurahan hatinya lah menjadikan dirinya banyak diperbincangkan.
5. Bertukar Kado
Ini adalah tradisi yang paling seru saat natal. Rumah akan penuh dengan kado-kado dan yang datang akan saling bertukar kado. Dari manakah tradisi ini? Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa tradisi ini berasal dari cerita tiga pria yang datang kerumah Kristus untuk memberinya kado. Kado itu diberikan sebagai rasa hormat kepada Kristus. Namun, benerapa versi berpendapat bahwa bertukar kado merupakan lambang pertukaran cinta kasih kepada sesama.
Itu tadi ulasan beberapa fakta tentang tradisi natal. Semoga natal anda penuh keberkahan dan cinta kasih. Selamat Hari Natal dan Tahun Baru!

1 komentar: